Imam Asy-Syathibi Ahlusunah Mazhab Maliki

Asy-Syathibi - Ahlussunnah Mazhab MalikiAbu Ishaq asy-Syathibi (Arab: أبو اسحاق الشاطبي‎; w.790 H/1388 M) adalah imam ahlussunnah dari mazhab Maliki yang hidup pada masa Spanyol Islam. Nama lengkapnya adalah Abu Ishaq Ibrahim bin Musa bin Muhammad Al-Lakhmi Asy-Syathibi. Tempat dan tanggal lahirnya tidak diketahui, ia wafat pada hari Selasa, 8 Sya’ban 790 H di Granada. Ia berasal dari kota Xativa yang kemudian ia dikenal dengan julukan Imam Syathibi (Imam dari Xativa). Sedangkan keluarganya merupakan migran keturunan bangsa Arab-Yaman dari Banu Lakhm yang berasal dari Betlehem, Asy-Syam. Ia tinggal di Granada yang waktu itu merupakan sebuah kerajaan Islam yang berada di bawah pemerintahan Daulah Umawiyah yang mengikuti aturan-aturan Andalusia Selatan. Di antara karya-karya tulisnya yang dikenal adalah:

Al-Muwafaqat, yang aslinya berjudul Unwan At-Ta'rif bi Ushul At-Taklif sebuah kitab tentang ilmu ushul fikih yang menerangkan tentang hikmah-hikmah di balik hukum taklif.
Al-I’tisham, kitab manhaj yang menerangkan tentang bid’ah dan seluk beluknya.
Al-Maqashid al-Syafiyah fi Syarhi Khulashoh al-Kafiyah, kitab bahasa tentang Ilmu nahwu yang merupakan syarah dari Alfiyah Ibnu Malik.
Al-Majalis, kitab fikih yang merupakan syarah dari Kitabul Buyu’ (Kitab Dagang) yang terdapat dalam Shahih al-Bukhari.
Unwan al-Ittifaq fi ‘ilm al-isytiqaq, kitab bahasa tentang Ilmu sharf dan Fiqh Lughah.
Ushul al-Nahw, kitab bahasa yang membahas tentang Qawaid Lughah dalam Ilmu sharf dan Ilmu nahwu
Al-Ifadat wa al-Insyadat.